Ingin berlangganan artikel Cassanova Zones? masukkan email sobat disini:


Delivered by FeedBurner

Selasa, 27 Maret 2012

Merawat Perangkat Lunak Komputer

| Selasa, 27 Maret 2012 | 5 komentar

Mungkin masih banyak para pengguna komputer atau PC (personal komputer) yang tidak memperdulikan pemeliharaan atau perawatan untuk komputernya. Dalam perawatan komputer umumnya terbagi 2 perawatan perangkat keras (hardware) dan perawatan perangkat lunak (software). disini ane akan bahas yang perawatan perangkat lunak (software), untuk hardwarenya menyusul yah sob.
Untuk perawatan perangkat lunak (software) ada beberapa hal yang bisa sobat lakukan untuk menjaga komputer tetap bekerja dengan performa yang baik. antara lain :
  1. Update Antivirus, jika komputer menggunakan antivirus, rutinkan untuk melakukan update. Karena antivirus tanpa update tidak akan bekerja efektif.
  2. Update Windows, bagi pengguna windows Original sebaiknya senantiasa rutin melakukan update baik manual maupun otomatis.
  3. Scan Komputer dengan Antivirus, meskipun sudah terpasang antivirus, sebaiknya scan secara penuh dilakukan dengan rutin, untuk memastikan komputer bebas dari malware/virus.
  4. Bersihkan file-file tidak terpakai, semakin lama, biasanya jumlah file di komputer semakin banyak dan sebagian mungkin tidak terpakai lagi. Rutinkan untuk memeriksa dan menghapus file yang tidak terpakai. Bisa juga menggunakan software semisal CCleaner, WinUtilities, dan lainnya (pastikan terlebih dahulu untuk untuk memeriksa pengaturan apa saja yang akan dihapus sebelum menggunakan software seperti itu).
  5. Backup Rutin data penting, ketika komputer penuh dengan data-data penting seperti tugas, laporan, skripsi atau data lainnya, jangan lupa untuk melakukan backup. Paling mudah dengan melakukan kompresi semua data penting dengan program atau software kompresi semisal 7Zip,  Winrar dan sejenisnya.
  6. Selanjutnya data backup bisa kita simpan di media terpisan baik HDD eksternal, CD ROM, DVD ROM atau disimpan online di “Cloud Service” asalkan dipastikan aman terlebih dahulu (bisa di enkripsi, memberi password zip).
  7. Periksa program yang berjalan dengan Sistem/Windows, untuk melakukan hal ini bisa menggunakan software semisal Process Explorer. Jika melihat ada aplikasi yang tidak penting berjalan dengan windows sebaiknya di non aktifkan saja agar performa komputer lebih baik.
  8. Defragment Hardisk, ketika sudah terlalu lama, hardisk perlu rutin di defragment (tetapi jangan terlalu sering). Cek terlebih dahulu apakah hardisk perlu di defragment. Bisa menggunakan program bawaan windows ( dari menu Accessories > System Tools > Disk Defragmenter) atau menggunaka software pihak ketiga semisal Defraggler.
Itulah beberapa hal yang perlu sobat lakukan untuk menjaga performa PC, untuk idealnya beberapa hal diatas bisa dilakukan mungkin 1 bulan sekali, 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali. jika ada kekurangan dari tip-tips diatas bisa sobat tambahkan melalui komentar dibawah. semoga bermanfaat sob.

5 Comments
Tweets
Komentar

5 komentar:

Boby Aoliya mengatakan...

info yang bermanfaat kang :)

Sinto mengatakan...

Wha makasih banyak gan, wah aku Lupa defrag nih Laptop, makasih sbelumX

search ilmu mengatakan...

wah boleh juga nh tipsnya sob

Visit today... please visit back

Cassanova Zones mengatakan...

@Boby Aoliya
@system of blog
@search ilmu
Terimakasih sobat udah berkomentar disini jgn lupa follow yah nanti di follow back

Blogger mengatakan...

I have used AVG Anti-virus for many years, I would recommend this product to everyone.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Jika Mas Bro Berkenen Silakan Tinggalkan Jejak tanpa CAPTCHA loh

 

Seo Info

Flag Counter

free counters

Plug Board Banner

© Copyright 2012. cassanova-zones.com . All rights reserved