Ingin berlangganan artikel Cassanova Zones? masukkan email sobat disini:


Delivered by FeedBurner

Kamis, 10 Mei 2012

Cara Aman Menggunakan Komputer Umum (Public Computer)

| Kamis, 10 Mei 2012 | 1 komentar

Saat sobat menggunakan komputer publik (umum) di perpustakaan, warnet, kafe, bandara, dan kantor akan lebih aman jika sobat mengikuti beberapa aturan sederhana berikut.Baca tips ini, untuk membantu menjaga kerahasiaan pekerjaan, info pribadi, atau informasi keuangan sobat. Karena tanpa kita sadari bisa saja akun data kita terlacak atau bahkan masuk perangkap hacker yang dengan toolsnya menyebar ranjau keyloger.


1. Jangan simpan informasi logon
Selalu log out dari situs web dengan mengklik "logout" saat meninggalkan situs tersebut. Sebenarnya  sobat tidak boleh sekedar menutup jendela browser atau langsung mengetik alamat lain setelah hendak meninggalkan sebuah situs. Banyak program (terutama website jaringan sosial, web mail, dan program-program instant messenger) menggunakan fitur login otomatis yang tanpa sobat sadari hal tersebut akan menyimpan nama pengguna dan sandi anda. Jangan lupa menonaktifkan opsi ini sehingga tidak ada yang dapat log in menggunakan akun sobat.

2. Jangan meninggalkan komputer tanpa pengawasan jika masih terdapat informasi penting pada layar
Jika sobat hendak meninggalkan komputer, cobalah menutup semua program dan tutup semua layar windows yang mungkin menampilkan informasi penting (sensitif).

3. Menghapus jejak

Internet Explorer menawarkan InPrivate browsing yang tidak akan meninggalkan jejak kegiatan web tertentu. Untuk informasi lebih lanjut, lihat fitur Internet Explorer 9 : InPrivate Browsing. Internet Explorer juga menyimpan catatan dari password dan setiap halaman yang sobat kunjungi, bahkan setelah sobat menutup dan melakukan log out. Nonaktifkan fitur pengingat password tersebut. Sebelum sobat pergi ke web, nonaktifkan fitur Internet Explorer yang "mengingatkan" password sobat.
- Di Internet Explorer, klik ikon Tools atau dengan menekan tombol Alt+x pada keyboard,  kemudian pilih Internet Options.

- Klik Tab Content, dan kemudian klik Settings disebelah AutoComplete.


- Hilangkan tanda cheklist pada User names and passwords on forms. kemudian klik OK


Menghapus berkas Internet sementara dan Riwayat
Ketika sobat selesai menggunakan komputer tersebut, sobat dapat membantu melindungi informasi pribadi sobat dengan menghapus berkas Internet sementara. Untuk informasi tentang cara menghapus berkas lihat gambar berikut.


4. Waspadalah orang disekitar
Bila sobat menggunakan komputer umum, perhatikan orang yang melintas atau berdekatan dengan sobat yang bisa saja melihat atau memperhatikan aktifitas sobat saat memasukkan password atau  sedang merangkum informasi pribadi.

5. Jangan memasukkan atau menyimpan informasi pribadi di komputer publik (umum)
Langkah-langkah ini memberikan perlindungan (menghindari) terhadap prilaku hacker yang menggunakan komputer publik setelah sobat. Namun perlu diingat bahwa penyadap (pencuri data) bisa saja telah menginstal perangkat lunak yang canggih di komputer publik yang mencatat setiap aktifitas sobat (biasanya menggunakan program seperti keyloger) dan kemudian informasi tersebut dikirim melalui email ke penyadap (pencuri data) tersebut. Maka bukan masalah jika sobat tidak menyimpan informasi atau telah menghapus jejak sobat. Bagi mereka penyadap (pencuri data) masih bisa mencuri akses ke informasi tersebut. Jika sobat benar-benar ingin aman, hindari melalukan aktifitas internet banking, mengecek email perusahaan, atau informasi penting lainnya di komputer publik.

Semoga Bermanfaat

1 Comments
Tweets
Komentar

1 komentar:

USOFT mengatakan...

ohh.. gitu ya.. :D bagus bgt bang.. :D bermanfaat nih.. :D thanks ya!

*Keep Blogging

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Jika Mas Bro Berkenen Silakan Tinggalkan Jejak tanpa CAPTCHA loh

 

Seo Info

Flag Counter

free counters

Plug Board Banner

© Copyright 2012. cassanova-zones.com . All rights reserved