Ingin berlangganan artikel Cassanova Zones? masukkan email sobat disini:


Delivered by FeedBurner

Senin, 09 April 2012

Merawat Flashdisk

| Senin, 09 April 2012 | 3 komentar

Sobat tahu yang namanya flashdisk kan? Flashdisk adalah salah satu alat penyimpanan data yang semakin hari semakin populer dan bisa dibilang menggeser peranan floppy disk atau yang biasa kita sebut dengan Disket. Sebenarnya flashdisk dan disket memiliki fungsi yang sama, hanya saja flashdisk biasanya memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar dibanding disket. Jika sebuah disket hanya mampu menyimpan data sebesar 1,44 Mega Bytes maka sebuah flash disk saat ini mampu menyimpan data 1GB - 32 Giga Bytes, tergantung dengan berapa kapasitasnya.

Selain kualitas, mahal tidaknya flashdisk juga tergantung dengan besarnya kapasitas yang tersedia, semakin besar kapasitasnya semakin mahal pula harganya. Memang sih, harga flashdisk cenderung menurun dibanding dulu ketika pertama kali di luncurkan, tapi harga sebuah flashdisk tidak bisa dikatakan murah lho. Nah biar flashdisk kita awet, benda yang biasanya berukuran kecil dan berwarna lucu ini juga harus di rawat. Bukan cuma karena harganya yang relatif mahal tapi juga biar data-data penting yang tersimpan didalamnya lebih aman.
berikut ini ada tips bagaimana merawat dan menggunakan flash disk dengan benar, antara lain :
  1. Jauhkan Dari Medan Magnet Kuat : Barang-barang elektronik seperti tv dan handphone sangat tidak baik untuk flashdisk. Untuk itu jangan pernah menyimpannya di dekat barang-barang sejenis yang memiliki kekuatan magnet besar. Terkadang kita sering lupa jika meletakkan flashdisk dan handphone di tempat sama dalam tas. Nah mulai saat ini, kalau ingin flashdisk sobat berumur panjang, jangan lagi menyimpannya di tempat sama ya!!
  2. Jangan Terkena Air : Meski ada beberapa merk yang mengklaim waterproof, menjauhkan flashdisk dari sentuhan air tetap saja menjadi langkah yang paling aman. Daripada data sobat hilang, mendingan tidak ambil resiko kan?
  3. Virus Scan : Saat Pengambilan data atau pemindahan dari dari pc ke flashdisk, sangat mungkin bukan hanya data yang ikut berpindah tapi juga virus-virus yang terdapat dalam komputer. Apalagi kalau kita mengambil dan menyimpan data dari internet. Waduh flashdisk sobat bisa dipenuhi virus-virus pengganggu. Makanya, jangan lupa untuk melakukan ritual scan virus secara berkala dengan software anti virus yang tersedia.
  4. Proses Eject atau Stop : Selalu melakukan proses eject atau stop sebelum mencabut flashdisk dari port usb. Selain bisa menjadikan flashdisk rusak, tidak melakukan proses eject atau stop juga dapat mempengaruhi file-file data yang sobat simpan di dalamnya lho.
  5. Jauhkan Dari Tempat Panas : Semua barang elektronik tak terkecuali flashdisk sangat rentan dengan yang namanya panas. Apalagi terkena sinar matahari langsung. Jadi usahakan tidak menyimpannya ditempat yang panas dan terkena sinar matahari langsung. Misalnya seperti meninggalkan flashdisk di mobil.
  6. Hindari Benturan Keras : Seseorang bisa mengalami sakit bahkan bisa masuk rumah sakit jika ia terjatuh dari tempat yang tinggi. Begitu juga dengan flashdisk. Jadi jagalah flashdisk sobatbaik-baik dari benturan keras ya.
  7. Tutuplah selalu : Udara dan lingkungan kita penuh dengan debu dan kotoran. Jika socket flashdisk kita kotor maka dapat mengakibatkan proses baca tulis sering gagal. Karenanya selalu tutup biar nggak kotor, jangan dihilangkan tutupnya!
  8. Minimalisir proses hapus-tulis : Sama seperti kita, flashdisk juga memiliki usia lho. Artinya suatu saat flashdisk kita bisa mati dan tidak bisa digunakan lagi. Usia flash disk berbeda-beda, tergantung kualitas dan merk dari flashdisk itu sendiri. Biasanya usia flash disk antara 10.000-100.000 kali proses hapus tulis. Jadi usahakan untuk meminimalisir proses tersebut dan juga mengedit langsung dari flash disk
Demikianlah beberapa tips merawat flaskdisk semoga bisa bermanfaat untuk sobat.

3 Comments
Tweets
Komentar

3 komentar:

Hzndi mengatakan...

boleh juga nih tips2nya

ivan lionel andreas mengatakan...

maksih infonya Gan...

:D

Blogger mengatakan...

I have been using AVG Anti virus for a couple of years, I recommend this product to all you.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Jika Mas Bro Berkenen Silakan Tinggalkan Jejak tanpa CAPTCHA loh

 

Seo Info

Flag Counter

free counters

Plug Board Banner

© Copyright 2012. cassanova-zones.com . All rights reserved